Gudang Informasi - Kanker? Ya. Penyakit mengerikan yang kemungkinan besarnya merenggut nyawa seseorang ini adalah penyakit yang sangat berbahaya. Kanker tak hanya terjadi akibat gaya hidup yang tak sehat. Beberapa faktor lain berkontribusi meningkatkan resiko kanker. Misalnya, pekerjaan.
9 Jenis Pekerjaan yang dapat Meningkatkan Resiko Kanker

Menurut penelitian, ada 9 jenis pekerjaan yang meningkatkan resiko kanker. Apa sajakah 9 jenis pekerjaan yang dapat meningkatkan resiko kanker? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

9 Jenis Pekerjaan yang dapat Meningkatkan Resiko Kanker

1. Supir

Badan Internasional bagian penelitian kanker membuktikan bahwa asap knalpot mesin diesel bersifat karsinogenik. Oleh karena itu, supir lebih rentan menderita kanker paru-paru karena mereka kebnyakan menghirup gas ini. Apalagi jika sang supir pecandu rokok, jelas sangat rentan sekali menderita penyakit kanker paru-paru.

2. Pekerja Shift

Banyak studi menemukan bahwa bekerja pada shift malam meningkatkan resiko terkena kanker. Penyebabnya adalah tubuh mengalami gangguan irama sirkadian. Gangguan tersebut dapat memicu kanker payudara pada wanita pada wanita dan kanker paru-paru pada pria.

3. Pekerjaan yang sedikit bergerak

Pekerjaan yang hanya berpaku pada komputer dan kurang beraktivitas fisik rentan memicu beberapa jenis kanker sperti usus besar, endotetrial, payudara dan paru-paru.

4. Pilot dan Pramugari

Para Ilmuan mengklaim bahwa pekerjaan yang berhubungan dengan penerbangan udara membuat pilot dan pramugari terkena paparan sinar UV lebih banyak dan radiasi kosmik. Penyebabnya adalah ketika mereka berada di ketinggian yang tak wajar dalam jangka waktu lama sehingga meningkatkan resiko kanker.

5. Pekerja Metal

Pekerjaan ini juga memiliki resiko lebih besar mengalami kanker ginjal dan laring. Sebuah penelitian membuktikan bahwa wanita yang bekerja di bidang ini 75 persen lebih besar mengidap kanker payudara.

6. Penambang

Penambang berhubungan dengan logam beracun dan memiliki resiko kematian tinggi. Mereka juga lebih rentan terhadap kanker perut, otak dan tiroid.

7. Pekerja Indusri Plastik

Pekerja di bidang ini beresiko lebih besar menderita kanker hati, ginjal dan laring. Karena merekea terkena paparana berlebih dari debu kayu, kadmium dan berbagai asap beracun lainnya.

8. Penata Rambut

Meski sulit dipercaya, paparan kimia berbahaya yang terdapat pad apewarna rambut yang digunakan dapat memicu kanker kandung kemih, laring dan paru-paru.

9.  Pekerja Kontruksi

Ternyata kanker kulit dan kanker paru-paru banyal dialami oleh pada pekerja kontruksi. Penyebab umum dari penyeakit ini adalah debu dan asbes yang banyak terdapat di udara dan mengenai kulit..

Pada dasarnya semua ppekerjaan itu memiliki resiko masing. Namun, 9 Jenis Pekerjaan yang dapat Meningkatkan Resiko Kanker diatas adalah yang paling berbahaya. Tapi tetap jika diselingi dengan gaya hidup yang sehat. Maka, badanpun akan merasakan nikmatnya, dan jangan lupa sering-sering chekup kesehatan ya. Wallahu a'lam bishowab.