Setiap segala sesuatu memiliki permulaan dan akhiran. Begitu juga seorang hamba yang menempuh jalan menuju Tuhan. Keberhasilan dan kesuksesan di akhir sangat di tentukan dengan kebenaran komitmen di awal dan kesungguhan di dalam memegang komitmen secara konsisten hingga paripurna.
Kunci Keberhasilan dan Kesuksesan


Syekh Ibnu Athoillah berkata di dalam kitabnya Al-Hikam: "Diantara tanda-tanda sukses di akhir, adalah mengorientasikan segala usahanya demi mencari keridhoan Alloh di awal. Brang siapa yang tersinari di awalnya, niscaya akan tersinari pula hingga paripurna".

Ketika seseorang telah mengawali suatu aktivitas dengan niat yang benar, kemauan yang kuat dan konsisten dalam menjalankannya seraya memohon pertolongan kepada Alloh serta mengorientasikan demi mencari keridhoan Alloh swt. bertawakal kepada-nya, niscaya dia akan lulus dan sukses hingga paripurna. 

Sebagian ulama ada yang berkata, bahwa orang yang tidak benar niat dan orientasi usahanya dalam mengawali menapaki jalan yang usaha yang ditempuhnya, maka usahanya akan terputus dan akan kembali sebagaimana ia semula datang. Kuatkan kemauan, pusatkan orientasi terfokus kepada Alloh, putuskan ketergantungan terhadap makhluk, niscaya perjalanan anda akan diberkati, hingga dapat berjumpa dengan-Nya. Dan barang siapa yang berprasangka bahwa ia akan dapat sampai ke hadhirat Illahi Robbi, melalui yang lain dengan tanpa pertolongan Alloh, tentu ia akan terputus. Barang siapa yang mengandalkan kekuatan dirinya dalam beribadah, maka Allah lepas tangan dan menyerahkan urusannya kepada dirinya sendiri.

Sudah menjadi keharusan bagi seorang hamba yang menempuh jalan menuju Alloh, menyerahkan urusannya perjalanannya kepada Alloh, tidak mengandalkan kekuatan dirinya, tetap konsisten dengan komitmennya.

Hal demikian merupakan dasar yang harus di jadikan pegangan seorang hamba yang menempuh perjalanan menuju ke hadhirat Illahi. Sehingga ia tetap terbimbing di bawah terang cahaya hingga dapat berjumpa ke hadhirat-nya